Sabtu, 14 Mei 2011

Planet Ini Bernama Bumi page.1

image.0

Bumi ialah satu-satunya planet yang terdapat kehidupan,bumi yang diciptakan begitu indah terdapat banyak keseimbangan sempurna didalamnya seperti rotasi bumi terhadap matahari sehingga terjadinya siang dan malam,terjadinya perputaran siklus air sehingga terjadinya hujan.

Fakta dan Data Planet Bumi

Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya . Diperkirakan usianya mencapai 4,6 miliar tahun. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta kilometer


image.1

Berdasarkan jaraknya dari matahari, kedelapan planet Tata Surya ialah Merkurius (57,9 juta km), Venus (108 juta km), Bumi (150 juta km), Mars (228 juta km), Yupiter (779 juta km), Saturnus (1.430 juta km), Uranus (2.880 juta km), dan Neptunus (4.500 juta km).Bumi mempunyai diameter sepanjang 12.756 kilometer dan
mempunyai 1 satelit alami yaitu Bulan. 70,8% permukaan bumi diliputi air. Udara Bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen dan 1% uap air, karbondioksida dan gas lain. Bumi diperkirakan tersusun atas inti dalam bumi yang terdiri dari besi nikel beku setebal 1.370 kilometer dengan suhu 4.500 °C, diselimuti pula oleh inti luar yang bersifat cair setebal 2.100 kilometer, lalu diselimuti pula oleh mantel silika setebal 2.800 kilometer membentuk 83% isi bumi dan akhirnya sekali diselimuti oleh kerak bumi setebal kurang lebih 85 kilometer.

Titik tertinggi di permukaan bumi adalah gunung Everest setinggi 8.848 meter


image.2

dan titik terdalam adalah palung Mariana di samudra Pasifik dengan kedalaman 10.924 meter.


image.3

Danau terdalam adalah Danau Baikal dengan kedalaman 1.637 meter,

image.4

sedangkan danau terbesar adalah Laut Kaspia dengan luas 394.299 km2.

image.5



Rotasi Bumi

image.6

Rotasi Bumi merujuk pada gerakan berputar planet Bumi pada sumbunya dan gerakan di orbitnya mengelilingi matahari. Masa rotasi Bumi pada sumbunya dalam dalam hubungannya dengan bintang ialah 23 jam, 56 menit dan 4.091 detik. Masa rotasi dalam kaitannya dengan matahari ialah 24 jam. Gerakan melingkar mengelilingi matahari terjadi selama setahun, yakni 365,2425 hari. Sehingga, revolusi Bumi mengelilingi matahari tidak pas dengan gerakan Bumi pada sumbunya. Dari sini kita memiliki tahun kabisat yang terjadi setiap 4 tahun sekali (kecuali pada hitungan seratus yang tidak dapat dibagi 400).

Atmosfer Bumi

image.7


Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut
sampai jauh di luar angkasa. Di bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan bumi.Atmosfer tersusun atas beberapa lapisan, yang dinamai menurut fenomena yang terjadi di lapisan tersebut. Lapisan atmosfer dari yang terdekat dari bumi:

1. Troposfer
2. Stratosfer
3. Ozonosfer
4. Mesosfer
5. Termosfer
6. Ionosfer
7. Eksosfer

Setiap lapisan memiliki fungsi khusus, dari pembentukan hujan hingga perlindungan terhadap radiasi sinar-sinar berbahaya; dari pemantulan gelombang radio hingga perlindungan terhadap dampak meteor yang berbahaya.

"Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya...." QS. Fushshilat (41) : 12

Permukaan Bumi

Permukaan Bumi terdiri dari sekitar 2/3 Lautan dan sisanya adalah Daratan.Daratan ialah bagian permukaan bumi yang tidak tergenang oleh air seperti Padang pasir,Gunung,Pegunungan,Dataran tinggi dan rendah,Lembah, Jurang, dan Ngarai sedangkan Wilayah lautan terdiri atas laut, teluk, selat, dan samudra.

Jenis-jenis Iklim dan Musim

Iklim
1.Iklim Tropis/Megatermal
  • Iklim hutan hujan tropis
  • Iklim monsun tropis
  • Iklim basah dan kering atau sabana tropis

2.Iklim kering (gersang dan semigersang)

3.Iklim sedang/Mesotermal
  • Iklim Mediterania
  • Iklim subtropis
  • Iklim sedang maritim atau iklim laut
  • Iklim subarktik maritim atau iklim laut subkutub
4.Iklim benua/mikrotermal
  • Iklim benua musim panas
  • Iklim benua musim panas hangat atau hemiboreal
  • Iklim subarktik kontinental atau boreal
  • Iklim subarktik kontinental dengan musim dingin ekstrim
5.Iklim Kutub
  •  Iklim tundra
  • Iklim kutub es
Musim
1.Musim Semi

image.8

2.Musim Panas

 
image.9
3.Musim Gugur

 
image.10
4.Musim Dingin

 
image.11
 5.Musim Hujan

image.12
6.Musim Kemarau

image.13

Itulah beberapa karakteristik dan fakta tentang planet bumi yang kita tempati ini.

_Semoga Bermanfaat_


Referensi     : Dari berbagai sumber dan Wikipedia.com
Image         : Google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar